Inspirasi untuk kesuntukan dengan secangkir Kopi

Sunday, February 19, 2017

Filsafat Ilmu Orientasi Ke Arah Pemahaman

Filsafat Ilmu Orientasi Ke Arah Pemahaman
by Prof Dr Mukh

           Sedikit saya jelaskan tentang ilmu filsafat menurut Wikipedia yaitu Filsafat ilmu adalah bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu[1]. Bidang ini mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari ilmu, yang termasuk di dalamnya antara lain ilmu alam dan ilmu sosial. Di sini, filsafat ilmu sangat berkaitan erat dengan epistemologi dan ontologi. Filsafat ilmu berusaha untuk dapat menjelaskan masalah-masalah seperti: apa dan bagaimana suatu konsep dan pernyataan dapat disebut sebagai ilmiah, bagaimana konsep tersebut dilahirkan, bagaimana ilmu dapat menjelaskan, memperkirakan serta memanfaatkan alam melalui teknologi; cara menentukan validitas dari sebuah informasi; formulasi dan penggunaan metode ilmiah; macam-macam penalaran yang dapat digunakan untuk mendapatkan kesimpulan; serta implikasi metode dan model ilmiah terhadap masyarakat dan terhadap ilmu pengetahuan itu sendiri.
Description: Secara personal manusia memiliki keterbatasan pemahaman hanya pada tataran nalar dan logika, pengalaman hidup, dan bagan bacaan yang pernah melekat dalam ingatan (benak) memori sadar dalam rentang kehidupan. Berdasar pandangan filosofis, ilmu yang dimiliki sesorang hanya sebatas pengalaman dan langkah hidupnya; pengetahuan seseorang hanya sebatas kata dan kalimat yang pernah dibacanya; kecakapan seseorang hanya sebatas perbutan dan tindakannya.

Karena itulah, kini hamper di semua perguruan tinggi yang menyelenggarakan program Magister dan Doktoral wajib menampilkan mata kuliah Filsafat Ilmu sebagai mata kuliah dasar untuk mengkinstruk keahlian berpikir-daya nalar-bagi mahasiswa, utamanya dalam mengkonstruksi keilmuan sesuai focus keahliannya (spesialisasi bidang studi) masing-masing.

Berdasar kenyataan dan kebutuhan akademik, buku teks dan referensi utama tentang filsafat ilmu pengetahuan yang masih langka ini sangat dibutuhkan, baik untuk mahasiswa tingkat persiapan (S-1) hingga magister dan doctoral (S-2 dan S-3).

Poin penting buku “Filsafat Ilmu” ini , antara lain:

Hakikat filsafat ilmu, pengertian, cakupan, objek, metode, dan tujuan.
Filsafat dan sejarah perkembangan ilmu.
Dasar dan jenis ilmu pengetahuan.
Filsafat ilmu, kebenaran dan penjelajahannya, serta pengembangan metode ilmiah.
Sarana berpikir ilmiah dalam ilmu pengetahuan.
Aspek ontologi ilmu pengetahuan.
Konstruksi epistemology ilmu pengetahuan.
Aksiologi ilmu pengetahuan dan manfaatnya bagi manusia.
Logika dan penalaran, etika dan moral
Perspektif ilmu, seni dan agama dalam khazanah pengetahuan, budaya dan peradaban. 


 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Blogroll

Kategori

Live Chat

About Me

My photo
Suka dengan hal baru atau sering mencoba hal baru, berpetualang , Hiking menjadi salah satu alasan untuk merefresh otak hiiiiii
 
close